Sejarah


 

1949: Tahun Berdirinya Yayasan Kesatuan

Yayasan Kesatuan berdiri pada Tahun 1949, dan menyelenggarakan pendidikan dasar oleh Prof. Thung di Jalan City (Jalan Rangggading saat ini). Sekolah ini terkenal dengan nama Sekolah Dasar Prof. Thung.


1953: Menyelenggarakan Pendidikan Dasar dari SD Hingga SLTA

Kemudian tahun 1953, Yayasan Kesatuan menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari tingkat Pendidikan Dasar, kemudian dilanjyutkan dengan Pendidikan Menengah Pertama (SMP) dan Pendidikan Menengah Atas (SMA).


1972: Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi : Akademi Tata Laksana Kesatuan

Dengan tekad untuk turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga untuk memenuhi permintaan masyarakat akan tenaga-tenaga pendidikan tinggi dan profesional di bidang manajemen, maka pada tanggal 24 Desember 1972 Yayasan Kesatuan menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Setingkat Akademi (D-3) dengan nama Akademi Tata Laksana Kesatuan Bogor dengan membina tiga Program Studi yaitu Program Studi Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Produksi.


1982: Berubah Nama Menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK)

Pada tahun 1982 Akademi Tata Laksana Kesatuan Bogor memperoleh status akreditasi TERDAFTAR dan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0341/O/1982 tanggal 2 Nopember 1982 dan berubah nama menjadi Akademi Manajemen Kesatuan (AMK) Bogor.

Pada tahun 1992 Akademi Manajemen Kesatuan Bogor memperoleh status akreditasi DIAKUI berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) No.66/DIKTI /Kep/1994 tanggal 19 Desember 1994 untuk Program Studi Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan.

Saat ini Program Studi pada Akademi Manajemen Kesatuan telah memperoleh predikat Akreditasi “B”. Predikat ini pertama kali diperoleh pada tahun 2004, dan kembali di-reakreditasi pada tahun 2007.


1994: Mendirikan Program S-1 : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIE Kesatuan)

Berangkat dari keberhasilan AMK, Yayasan Kesatuan kemudian mendirikan Pendidikan yang lebih tinggi setingkat Sarjana (Strata-1).

Dengan Surat Keputusan Yayasan Kesatuan Nomor SK 19/YAY/1994 tanggal 29 Oktober 1994 didirikanlah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan (STIE Kesatuan) dan memperoleh surat izin penyelenggaraan pendidikan Program Strata-1 untuk Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Atas dasar Surat ijin Kopertis Wilayah IV Jawa Barat tersebut, maka pada Tahun Akademik 1995/1996 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan membuka perkuliahan jenjang pendidikan Strata-1 Selanjutnya sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 42/D/O/1996 tanggal 17 Juli 1996 , Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan memperoleh status akreditasi terdaftar. Dalam rangka pengembangan, selanjutnya STIEK membuka Program Diploma III Jurusan Akuntansi dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi RI Nomor 395/DIKTI/KP/1998.


Pada saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Kesatuan telah terakreditasi ”B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk semua Program Pendidikan baik itu Program Diploma III Akuntansi maupun Program Strata-1 (S-1) Manajemen dan Akuntansi.


1996: Mendirikan Pusat Pendidikan dan Keterampilan Kesatuan (P2K)

Untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja yang begitu pesat, maka sejak Tahun Akademik 1996/1997 Yayasan Kesatuan membuka Pendidikan Setara Diploma I (D-I) untuk Jurusan Akuntansi, Komputer dan Sekretaris yang bernama Pusat Pendidikan Keterampilan Kesatuan (P2K Kesatuan). Pada Tahun Akademik 2003/2004, P2K Kesatuan melakukan pengembangan dengan membuka Program pendidikan setara Diploma II untuk jurusan komputer informatika dan perubahan jurusan Akuntansi menjadi komputer Akuntansi.


2006: P2K digabungkan ke dalam LPPM STIE Kesatuan

Untuk memberikan perhatian yang lebih khusus, dan untuk mengembangkan P2K pada masa yang akan datang sebagai training center dan sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat., sejak Tahun Akademik 2006/2007 P2K menyatukan diri kepada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan dibawah Lembaga Pengabdian Masyarakat.


2009 : Penggabungan AMK ke dalam STIE Kesatuan

Dalam rangka pengembangan organisasi selanjutnya, maka pada awal tahun 2009. Berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.09/D/O/2009 tepatnya tanggal 26 Februari 2009, telah dilakukan penggabungan untuk kedua program studi AMK ke dalam STIE Kesatuan, penggabungan ini dimaksudkan sebagai langkah awal menuju pengembangan STIE KESATUAN pada masa yang akan datang

Terakhir dikukuhkan dengan SK Ketua STIE no 068/K/STIEK/VII/2010 31-07-10 dengan mengedepankanaplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi demi kepentingan masyarakat luas

Sekilas Info

  • Seminar Pengelolaan UMKM Usaha Mikro Kecil menengah Dengan tema Sukses mengelola UMKM


  • National Seminar on Small Medium Enterprises Toard Independence of Micro, Small and medium Enterpris